Kenali Sang Pencipta Melalui KaryaNya

Almanak Senin 6 Maret 2014:

Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih. (Roma 1:20)

Semua kita menyukai pemandangan alam yang indah: gunung, lembah, jurang, pantai, hutan atau padang, atau cakrawala. Pemandangan alam yang indah membuat hati kita nyaman, senang dan kagum terpesona atau malah bergetar gentar. Gunung yang menjulang tinggi mencapai awan,  ombak laut yang menggelora, air terjun yang menggumuruh, padang yang hening, atau malah petir yang menyambar selalu menimbulkan bermacam kesan yang sangat dalam di hati kita, mengajak kita bermenung kepada Allah yang menciptakannya. Sungguh betapapun pendidikan kita sudah sangat tinggi, ilmu dan pengetahuan kita sedemikian maju, di hadapan alam kita disadarkan betapa kecil dan tak berdayanya kita, sebaliknya betapa besar, kuat dan mulianya Allah yang menciptakan alam itu. Apalagi saat-saat alam itu nyata-nyata mempertunjukkan kekuatannya lewat letusan gunung api, gempa, tsunami atau hujan meteor atau taufan.

Rasul Paulus mengatakan alam itu nyata-nyata memperkenalkan dan menampakkan Penciptanya, yaitu Allah kepada kita. Sebab itu kita tidak bisa berdalih lagi mengatakan tidak tahu atau tidak mengenal Allah. Sebab walaupun banyak hal tersembunyi dalam diri Allah, namun karyaNya tidak bisa menyembunyikan kebesaran dan keagunganNya. Sebab itu saban kali kita menyaksikan karyaNya, atau alam ciptaanNya, kita diajak memuliakan Dia serta memuji keagunganNya. Secara khusus kita diajak menyembah Allah Sang Pencipta alam semesta itu, yang mau datang merendah kepada kita dalam Yesus untuk menyelamatkan kita dan mempersatukan diriNya dengan kita orang-orang berdosa. Sebab itu mulailah hari ini dengan melihat ke luar, ke alam yang diciptakan Tuhan. Muliakanlah namaNya.

Doa:

Ya Allah bila kami menyaksikan alam ciptaanMu, sungguh kami bersyukur dan memuliakan namaMu. Engkau besar, kudus dan mulia. Engkau menciptakan bumi dan langit sedemikian baik dan indah. Engkau menciptakan kami segambar denganMu. Lebih dari itu Engkau mengasihi kami dan menyelamatkan kami dalam Yesus Kristus. Penuhilah hati dan mulut serta seluruh hidup kami dengan puji-pujian bagiMU. Demi Kristus. AMIN.

 

 

Pdt Daniel TA Harahap

Share on Facebook

1 comment for “Kenali Sang Pencipta Melalui KaryaNya

  1. H. Sinaga
    May 5, 2014 at 9:36 am

    Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *