Beri Tempat Kepada Firman Di Hati Kita

Almanak Selasa 29 April 2014:

Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. (Yohanes 2:24)

Banyak suara kita dengar saban saat di setiap tempat, namun tidak menjadi perhatian kita. Begitu banyak berita dan informasi kita dengar lewat televisi, radio dan internet, namun sebagian besar tereliminasi dan tidak pernah masuk ke dalam hati kita. Atau kita bisa mendengar dan memperhatikan sekilas namun tidak menyimpan suara itu ke dalam batin kita. Atau malah pura-pura mendengar. Sebab itulah ada pameo lama: masuk kuping kiri keluar kuping kanan.  Atau bisa jadi sejak awal kita tolak dan abaikan secara sengaja.

Hari ini kita diingatkan agar mendengarkan Firman Tuhan dengan seksama dan sepenuh hati, serta menyimpannya dalam hati kita. Rasul Yohanes mengingatkan kita agar tidak melupakan Firman Allah yang sudah kita dengar, melainkan mencamkan, merenungkan, menghayati dan melaksanakannya agar Firman itu tetap tinggal dan berkumandang dalam diri kita.

Untuk apa? Hanya dengan demikianlah kita juga bisa tetap tinggal dalam Allah Bapa dan Anak. Itulah yang dikatakan Yesus dalam Yohanes 15:4  Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Dengan bahasa lebih sederhana: melalui Firman itulah kita mengenal-dikenal oleh Allah dan hidup dalam persekutuan denganNya. Melalui  ketaatan kepada Firman itu kita hidup sebagai anak-anak Allah. Melalui Firman itu juga kita  berbuah (Yoh 15:5).

Doa:

Ya Allah, berilah kami hati bagaikan tanah subur bagi firmanMu. Biarlah firmanMu bertumbuh, berakar, dan berbuah di hati kami. Bantulah kami dengan RohMu untuk selalu mengingat dan merenungkan firmanMu, pelita dan sumber hidup kami. Ijinkanlah juga kami tinggal dalam firman dan kasihMu itu, supaya kami tetap menjadi anak-anakMu yang taat dan memuliakan namaMu. Demi Kristus. AMIN.

Pdt Daniel TA Harahap

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *