Damai Sejahtera Tuhan Dalam Penderitaan Kita

Empatpuluh Hari Ziarah Menuju Paska: Hari Ketigapuluh Delapan Kamis 17 April 2014

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia. (Yoh 16:33)

Kata-kata di atas adalah cuplikan dari kotbah perpisahan Yesus dengan murid-muridNya. Sebelum penangkapan dan penyalibanNya,  Yesus menyampaikan pesan atau wejangan kepada murid-muridNya, agar mereka dikuatkan dan dimampukan menghadapi realitas kehidupan sepeninggal Yesus.

Yesus mengingatkan murid-muridNya (dulu dan sekarang) bahwa sama seperti Dia dibenci oleh dunia ini, maka ada kemungkinan para murid Yesus juga dibenci oleh dunia yang tidak mengenal Allah. Sama seperti Yesus dan para nabi telah dianiaya, maka ada kemungkinan gereja juga akan mengalami penganiayaan karna menjadi pengikut Kristus.

Namun para murid tidak perlu gelisah dan takut, Melalui ketaatanNya yang sempurna kepada kehendak Bapa, Yesus telah mengalah kan dunia ini. Dengan merelakan diriNya menjadi korban dan mati di kayu salib, Yesus telah menang. Dia telah  menanggung semua dosa dunis. Manusia telah diperdamaikan kembali dengan Allah dan diselamatkan dari murkaNya. Sebab itu dalam  Yesus para murid juga akan dimampukan mengalahkan dunia  dan menaklukkan dosa serta kejahatan. Tak ada seorang pun yang dapat merampas damai sejahtera Tuhan yang ada dalam hati mereka.

Doa:

Ya Kristus, yakinkanlah kami bahwa Engkau telah menang dan mengalahkan dunia ini. Kuatkanlah hati kami untuk mengikut teladanMu dan menjadi muridMu yang setia, berani dan rendah hati. Penuhi hati kami selalu dengan damai sejahtera Tuhan, teritama saat kami mengalami kesukaran dan permasalahan. Mulialah nama Tuhan juga melalui penderitaan dan seluruh sikap hidup kami. AMIN.

Pdt Daniel TA Harahap

 

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *