Apa Saja Persyaratan Memperpanjang Paspor?

February 2, 2011
By

Oleh: Daniel T. A. Harahap

Paspor anda habis dan harus diperpanjang? Inilah syaratnya:
(1) Kesabaran
(2) Kesabaran
(3) Kesabaran
(4) Fotokopi paspor lama di kertas A4 + asli
(5) Fotokopi KTP di kertas A4 + asli
(6) Fotokopi Akte Kelahiran di kertas A4 + asli
(7) Fotokopi Kartu Keluarga di kertas A4 + asli
(8) Fotokopi Akta Pernikahan di kertas A4 + asli
(9) Fotokopi NPWP di kertas A4 + asli (perlu tak perlu)
(10) Fotokopi surat rekomendasi atasan (perlu tak perlu)
(11) Biaya Rp 255 ribu.

Catatan:
(a) Blangko formulir dibeli dii + map bercap dibeli di koperasi Rp 8000
(b) Biaya fotokopi Rp 500 per lembar
(c) Bila tak ingin capek antri, sediakan Rp 850 ribu (konon)
(d) Bila ingin ikut memberantas korupsi dan bikin negeri ini bersih sediakan 1 s/d 3 (dan bawa bekal secukupnya untuk makan siang/ malam, air minum, serta hp/ bb)

:-)

Share on Facebook

15 Responses to Apa Saja Persyaratan Memperpanjang Paspor?

  1. Bonar Nainggolan on February 7, 2011 at 10:22 am

    Sengsara membawa nikmat, ungkapan yg tepat bagi setiap kita yg berusaha mematuhi segala ketentuan berlaku dlm setiap urusan kepada para pamong negeri ini. Sengsaranya karena kita yg tidak mau menyuburkan praktek suap dan segala turunanya, pasti mengalami benturan, sedangkan sebagian kecil orang yg mampu membeli segalanya, negeri ini adalah surga bayangan. Nikmatnya adalah pamong negeri ini sudah makin sadar bahwa yg berdaulat di negeri ini adalah rakyat. Suara rakyat yg tertindas adalah suara Tuhan.

    Ada persyaratan yg Amang Pendeta mungkin lupa;
    (12) Doakan orang yg mungkin menyebalkan kita.
    (13) Bersykurlah dalam segala hal. -,-

  2. Binsar Nababan on February 8, 2011 at 9:13 am

    Sebagian teman syarat no 4 s/d 8 Apus Andora 9 s/d 10 Gotil Butuha

  3. Supardi M. on February 8, 2011 at 8:09 pm

    Bah, nalagi perpanjang paspor do Amang? Hahaha…..

  4. jerry on December 12, 2011 at 11:39 am

    @Daniel T. A. Harahap: saya setuju dengan Catatan bpk abjad (d) :D

  5. Olie on May 7, 2012 at 3:46 am

    Penjelasannya singkat dan bermanfaat. Like it. Thanks Pak Daniel. Lam kenal.

  6. Bonar Sirait on May 11, 2012 at 1:43 pm

    Gua memperpanjang passport dua kali di Luar negeri nggak rumit tuh nggak banyak persyaratan, perpanjangan pertama 3 hari selesai biaya hanya 250 rb rupiah dan perpanjangan kedua hanya 1 jam biaya 250rb juga. Gua pikir di Indonesia dibikin banyak persyaratan kayak begitu supaya orang kita pusieng…lalu daripada pusiengg…ya ngeluarin duitlah…. itu yang petugas mau….

  7. khatarina on June 21, 2012 at 8:30 am

    Makasih infonya, langsung aq share di fb ku, pak….
    Banyak teman yg membutuhkan, begitupula diriku. Semoga ntar gak terlalu rumit. #finger crossed

  8. Abeth on July 17, 2012 at 1:42 pm

    Makasih pak infonya. Sangat informatif dan menghibur. Besok saya mau perpanjang paspor. Semoga lancar dan diberikan kesabaran 3 kali lipat. haha

  9. murtiasih on August 24, 2012 at 4:39 pm

    Tks infonya bang. Bermanfaat banget. Hahaha sejak kita lahir dibumi Indonesia, udah dilatih musti saabbbbaaarrr ….

  10. pdt joshua Thomas simanjuntak on September 27, 2012 at 9:26 am

    ha ha ha horas bo boada barita??? mauliate ate informasinya ,saya mau perpanjang paspor bulan okt ini. sai di pasu pasu Debata nabadia ima hamu sude, amen

  11. Rita on November 22, 2012 at 8:22 am

    akte dapat diganti dengan ijazah

  12. Herlina Sitompul on November 23, 2012 at 12:51 am

    Dear Bapak Pendeta daniel.

    Saya ingin sekali bertemu dengan Bapak Pendeta Daniel. Apalagi setelah membaca milis teman se SMA tentang lagu “Nuga Loja Au O Tuhan”yang juga disenandungkan oleh Inong tercinta baru baru ini tapi dengan nada yang sedih. masih bersyukur dengan kondisi Inong di usia jalan 86 tahun (ibunda Bapak pendeta di tahun 2009 adalah 81 tahun, berarti sekarang sudah 84 tahun), beliau masih bisa membaca alkitab setiap harinya dan pajonok tu Dbata.

    salam

    Lina

  13. Gerhard Manurung on December 16, 2012 at 4:31 pm

    Thanks amang untuk infonya, sangat membantu……

  14. Emma Noor on December 27, 2013 at 12:19 am

    Jadi patah hati ni baca infonya,,,paspor gw habis maret 2014, dah niat baik2 mau brantas segala bentuk kejahatan korupsi dg perpanjangan online dan urus sdiri,,,tp kok gw gak py sabar ya,,,,,padahl tgl 5 dah harus cabut abroad,,,gmn ya baiknya, ttp menyuburkan kehidupan para koruptorkah?

  15. yanthi on January 26, 2014 at 5:26 pm

    saya mau mengantry asalkan tidak berbelit belit dan tidak dipersulit. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*