Doa Persembahan

July 29, 2010
By

Almanak Kamis 29 Juli 2010:

Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya. (1 Tawarikh 29:12)

Ayat almanak hari ini adalah bagian dari doa yang disampaikan Raja Daud setelah menerima begitu banyak persembahan sukarela dari bangsa Israel untuk biaya pembangunan Bait Allah. Daud mengaku dalam doanya bahwa Tuhanlah yang empunya kekayaan, kerajaan, kekuasaan dan kemuliaan. Dialah sumber dari segala kekayaan termasuk yang dipersembahkan umatNya itu. Lanjutnya:  Sebab siapakah aku ini dan siapakah bangsaku, sehingga kami mampu memberikan persembahan sukarela seperti ini? Sebab dari pada-Mulah segala-galanya dan dari tangan-Mu sendirilah persembahan yang kami berikan kepada-Mu. (1 Taw 29:11)

Disini kita mendapatkan suatu pemahaman dan penghayatan yang sangat mendalam tentang doa persembahan. Yaitu:sebagai suatu  pengakuan bahwa Tuhanlah sesungguhnya sumber dari segala apa yang dapat dipersembahkan umatNya itu. Apa yang diberikan umat sebagai persembahan itu pada hakikatnya berasal dari Tuhan jua.

Sebab itu memberi persembahan kepada Tuhan secara hakiki sangat berbeda dengan memberi sumbangan kepada manusia. Tuhan tidak membutuhkan sumbangan kita. Pekerjaan dan kehidupan Tuhan tidak tergantung sama sekali kepada bantuan kita. Sebaliknya kitalah yang membutukan belas kasihan dan kemurahanNya. Sebab itu bila memberi kepada manusia tangan kita di atas maka menyampaikan persembahan tangan kita harus di bawah. Persembahan harus disampaikan dengan penuh hormat dan ketakziman, kerendahan hati dan syukur. Bahkan harus dihayati sebagai undangan dan kesempatan yang diberikan Tuhan. Sebab bagaimana jika Tuhan tak mengijinkan kita menyampaikan persembahan kepadaNya?

Doa:

Ya Allah kami mengaku Engkaulah sumber kehidupan dan kekayaan kami. Sebagian dari berkatMu kami kembalikan kepadaMu sebagai persembahan. Terimalah persembahan kami sebagai pengakuan kami Tuhanlah yang empunya hidup kami dan memberikan segala yang baik pada kami. Lebih dari itu Tuhan, kami menyerahkan tubuh jiwa kami sebagai persembahan kami. Jadikanlah kami menjadi milikMu selama-lamanya dalam Kristus Tuhan kami. AMIN. 

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

P29:14 Sebab siapakah aku ini dan siapakah bangsaku, sehingga kami mampu memberikan persembahan sukarela seperti ini? Sebab dari pada-Mulah segala-galanya dan dari tangan-Mu sendirilah persembahan yang kami berikan kepada-Mu.

Share on Facebook

3 Responses to Doa Persembahan

  1. JP Manalu on July 29, 2010 at 8:56 am

    Terimakasih amang untuk renungan hari ini, semoga menguatkan pemahaman orang tentang ‘hakekat’ persembahan kepada Tuhan.
    Horas.

  2. Kimseng Manurung on July 29, 2010 at 12:43 pm

    Tuhan KaruniaMu, Roh dan Jiwaku semua. Nyawa juga hidupku, harta miliku semua. Kuserahkan kepadaMu untuk selama-lamanya. Amin

  3. hotman Sinaga on July 29, 2010 at 3:39 pm

    Terimakasih Tuhan karena engkau mengingatkan kami bahwa Engkaulah yang berkuasa atas segalanya,untuk itu berikanlah kepada kami hikmat agar kami mengerti kehendakMu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*