Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP Dilantik. Semoga Tidak Narsistik. :-)

December 21, 2009
By

Oleh: Pdt Daniel T.A. Harahap

Hanya ingin memberitahu saja berhubung tak ada di televisi. Kemarin Minggu Adven keempat di HKBP Rawamangun Panitia Nasional Jubileum HKBP 150 Tahun dilantik oleh Eforus, dihadiri oleh semua unsur Pimpinan HKBP. Ketua Umum Panitia adalah Edwin Situmorang, yang sehari-hari dikenal sebagai Jaksa  Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara. Orangnya begitu santun dan tenang serta bersahaja. Dan entah kenapa aku begitu yakin dibawah kepemimpinannya Panitia ini akan berhasil. Sekretaris Umum: San Herib Panjaitan yang baru saja kukenal. Kurasa kimianya akan menyatu dengan Ketua Umum. Ketua Dewan Pengarah Jend. Purn Luhut B Panjaitan yang tidak perlu diragukan lagi komitmennya kepada HKBP.  Salah satu anggota pengarah: Tumpak Hatorangan Panggabean. Semoga kehadiran beliau membuat semua anggota Panitia sangat berhati-hati. :-) Jumlah seluruh Panitia hampir 200 orang, terdiri dari orang-orang Kristen Batak yang baik dan terpuji di negeri ini (catatan: tidak semua panitia masih terdaftar di HKBP, namun mereka mau karena masih terikat secara emosional dan spiritual dengan HKBP). Di sana masih ada Trimedya Panjaitan, Otto Hasibuan, Ferederik Siahaan, RE Nainggolan, Elisa Lumbantoruan dan banyak lagi. Aku sendiri diposisikan sebagai Sekretaris 1. Ya kira-kira setingkat lebih tinggi  dari tukang pegang map dan antar mik begitulah. :-)

Panitia Jubileum baru akan rapat 15 Januari 2010 mendatang. Nantilah aku cerita banyak dan mendalam. Kali ini aku hanya mau cerita kecil saja tentang kejadian kemarin. Saat dipanggil kami semua pun maju ke altar. Sebagai sekretaris 1 aku pun memberanikan diri berdiri di barisan terdepan sejajar dengan para Ketua dan sekretaris serta bendahara namun paling kiri. Di sebelahku tak kukenal. Ya banyak sekali anggota Panitia belum kukenal. Saat Eforus hendak siap-siap melantik kulihat bapak berjas satu ini menjulurkan tangannya ke depan memegang kamera digital. Dalam hatiku, betapa cinta rupanya bapak satu ini kepada Eforus kami sehingga momen sekhidmat dan sesakral inipun disempatkannya memotret pimpinan gereja yang selalu kami sapa Ompu i ini. Namun sebagai seorang fotografer aku merasa agak aneh. Lensa kayaknya tidak ditujukan ke Eforus atau salah satu pimpinan yang ada. Tiba-tiba sadarlah daku rupanya si bapak sedang memotret dirinya sendiri. Ya ampyun. Narsis banget kataku dalam hati sambil menggeleng kepala benaran. Dasar. Aku pulang dari altar senyum-senyum sambil berdoa: semoga panitia nasional jubileum 150 tahun hkbp ini bukan kumpulan lelaki Batak narsistik atau yang terlalu bangga dan cinta dengan dirinya sendiri. Hahahaha. :-)

Horas HKBP! Hidup semua gereja Batak!

Share on Facebook

26 Responses to Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP Dilantik. Semoga Tidak Narsistik. :-)

  1. richard hutahaean on December 21, 2009 at 10:49 am

    iidddiiiihhhh…narsis deh…wkwkwkwkkkwkwkwkkk (apa pulak arti narsis ini) :) )

  2. richard hutahaean on December 21, 2009 at 10:51 am

    Ingin bergaya??? Jangan lebay pliiissss…

  3. Terdy Panggabean on December 21, 2009 at 11:44 am

    Kebetulan aku disana juga waktu itu amang..
    Tambahan sedikit, ada juga panitia yang merokok di dalam gedung gereja setelah acara pelantikan. Semoga Panitia ini juga bukan kumpulan orang egois yang tak mementingkan orang lain dan kesucian rumah Tuhan… hehehe..
    Selamat bertugas…
    (catatan: pemberi komen juga seorang perokok)

  4. JP Manalu on December 21, 2009 at 11:50 am

    Selamat atas terbentuknya panitia Jubileum ini amang, dan secara khusus, selamat juga buat amang Pdt DTA yang terpilih sebagai Sekretaris 1, selamat bekerja, Tuhan memberkati.

    Harapan saya yang lain, semoga semua panitia dapat “mencurahkan” tenaga, kreasi dll melalui panitia ini, untuk kemuliaan nama Tuhan! Dan saya juga mendoakan semoga “orang-orang Batak” yang “penting” dan berbobot ini “masih sempat” melakukan koordinasi.

    Saya juga berharap, orang-orang yang terpilih ini bukan sekedar “vote getter” (seperti pada zaman Orba), atau malah jadi sekedar “money getter” atau hanya seperti undangan di beberapa pesta pernikahan Batak itu, ikut mengundang, tapi kehadiran, perhatian dalam rangka perhelatan pesta pun nyaris nihil. Mereka dicantumkan hanya sekedar “pajagarhon”, tetapi faktanya mereka tidak terlibat sama sekali.

    Tapi hingga saat ini saya masih yakin, sebelum memilih orang-orang parKantor Pusat sudah melakukan proses yang panjang untuk mencantumkan nama-nama itu, sehingga “magnitude” pesta Jubileum 150 tahun gereja HKBP “na bolon i” dapat dijadikan sebagai momentum untuk menajamkan semua aspek penatalayanan gereja TUHAN melalui HKBP. Semoga!
    Horas tondi madingin pir tondi matogu.

  5. Mangara Pakpahan on December 21, 2009 at 12:10 pm

    He he he… :D

    Narsis sih boleh aja lah Amang, asal tidak lebai… :)

    Selamat deh bagi panitia yang sudah di lantik, semoga acara jubelium 150 tahun HKBP sukses. God bless…

  6. h. hutauruk on December 21, 2009 at 1:47 pm

    horas amang, pertama-tama selamat bertugas kepada Panitia Nasional Jubileum HKBP 150 Tahun, dengan mengandalkan Tuhan dan melihat susunan panitia dimana orang-orang yang terpilih adalah orang yang sudah tidak diragukan lagi dan mereka turut andil dalam membesarkan HKBP, saya sangat yakin Jubileum HKBP 150 Tahun akan Sukses, terima kasih, GBU

  7. andar on December 21, 2009 at 2:22 pm

    Apa tidak ada kaum perempuan Batak dan/atau HKBP yang layak juga jadi anggota panitia?

    Daniel Harahap:
    Ada walau tak sampai 30 persen. Di Dewan Pengarah ada satu orang, yaitu: DR Frieda Simangunsong,. Di Seksi Ibadah ada satu orang yaitu St Rotua Situmorang br Siahaan. Di Seksi Humas ada Tarida Panjaitan. Seksi Konsumsi dan Seksi Kesehatan semua perempuan. :-)

  8. florasilaban on December 21, 2009 at 3:00 pm

    Selamat Amang, semoga pekerjaan besar ini dapat dilaksanakan dengan damai dan semua jemaat dapat merasakan sukacita didalam perayaan Jubileum 150 tahun hkbp.

  9. marhemat tampubolon on December 21, 2009 at 3:23 pm

    hahahaha, Mantap bah, pikiran saya tadi, mau memotret amang Harahap. Ternyata NIHIL. Dugaaan yang salah. Hidup HKBP

  10. Theresia Hutasoit on December 21, 2009 at 4:04 pm

    Mungkin mau di upload di facebook, Amang :-)

  11. Tumpal Marbun on December 21, 2009 at 5:22 pm

    hahahahaha Cerita yang lucu amang… Selamat ya buat orang amang yang jadi panitia Jubileum 150 tahun HKBP. hahahahahhahahaha.

  12. supardi manurung on December 21, 2009 at 8:36 pm

    SELAMAT, Semoga dapat bekerja dengan baik dan selalu mengandalkan Tuhan dalam bekerja. Ya untuk yang foto diri sendiri, selamat :)

  13. Ferry Siahaan on December 21, 2009 at 9:17 pm

    Amang, kmrn aku jg ada di situ & ikut melayani ibadah pelantikan tsb sebagai pemusik bersama teman2 Haleluyah Ensemble HKBP Rawamangun.

    Ada rasa haru sekaligus bangga waktu melihat Ompu i Ephorus menaiki mimbar khotbah sambil dipapah bbrp pendeta. Meskipun belum sembuh benar, tp Ompu i tetap berusaha utk memimpin acara tsb dgn sebaik2nya. Salah satu seruan beliau dlm khotbahnya yg cukup mengena adalah, “Kembalikan jati diri HKBP!” Mudah2an Jubileum 150 Tahun HKBP bisa mewujudkan hal itu.

    Btw Amang & Inang dua2nya ikut menjadi panitia ya? Kalo gitu, selamat bertugas utk Amang & Inang serta seluruh panitia. Selamat mempersiapkan pesta iman bangsa Batak thn 2011 nanti. Horas!

  14. Jansen Sinamo on December 21, 2009 at 9:46 pm

    Gereja memang kumpulan insan nano-nano: par seriosa ada, par parlawak ada, nai narsis pun pasti ada :) .

    Di bawah program akbar Jubelium 150 tahun, semoga program-program ikutan yang reformatif juga terbawa naik, plus tentu saja: pesta bolon parolop-olopon; tidak hanya buat Kristen Batak, tetapi juga buat Kristen Indonesia dan Kristen Asia.

  15. Gaya Hutasoit on December 21, 2009 at 10:14 pm

    Selamat untuk dicerca. Acap kali belum bekerja, panitia sudah dikritik. Paling tidak pernyataan: boasa pola ibana. Semoga panitia kuat.

  16. juliana napitupulu on December 22, 2009 at 5:27 am

    Selamat bekerja amang buat seluruh panitia jubileum. yang jelas kalau amang ada di suatu tempat atau di event tertentu saya harus hati2 karena amang cekatan untuk melihat hal hal yang lucu, aneh dsbnya. dan hasilnya dibagi lagi. tapi yang jelas saya memandangnya positif dan agar saya belajar untuk melakukan hal hal yang wajar, tidak narsis, tidak lebay sehingga membuat semua yang ada dapat berhikmat atas sikap kita.
    Mauliate

  17. Bergman Silitonga on December 22, 2009 at 5:44 am

    Setuju amang Gaya Hutasoit… Semua panitia siap siap dikritik, kalau tidak dihujat… Itu bagian dari pelayanan.. Dan ‘hujatan’ pertama dari saya adalah: mengapa ketuanya jaksa???? Ha.. Ha… Mohon maaf…. Selamat bertugas.

  18. Suzanna on December 22, 2009 at 8:44 am

    Ha..ha..ha..ha..
    Memang Amang ini pandai sekali bercerita.. Selalu saja ada cerita lucu yang disisipin diantara inti cerita/berita yang ingin disampaikan. Untuk Seluruh anggota panitia Jubileum saya ucapkan : “Selamat bekerja lebih keras lagi di Ladang Tuhan, lakukanlah itu semua dengan sukacita, seperti engkau melakukannya kepada Tuhanmu. Ingatlah bahwa segala usahamu tidak akan sia-sia”. Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha Tinggi.

  19. tanobato on December 22, 2009 at 8:52 am

    Salamat ma, Amang naung gabe Panitia Jubileum i. Anggiat ma adong na dapot na boi pinarsiajaran sian hapanitiaon i, tarlumobi molo manjaha na sinurat ni Amang adong do manang poga-piga halak na ias jala patut si tiruon. Marsiajar ma HKBP, marsiajar ma angka panggomgomi HKBP asa tau gabe parhobas ni Debata do saluhutna.

    Horas jala gabe! Lam tu dengganna ma hakabepe!

  20. Singhan Pardede, Pdt on December 22, 2009 at 11:33 am

    Rap martangiang ma hita, asa adong sada bentuk Monument hidup siingoton sian panghobasion ni Panitia di Jubileum 150 taon on di tongatonga ni HKBP na boi siingoton ni sude ruas HKBP secara khusus, sude halak Kristen secara umum, bahkan diida, diingot jala didai portibi on – sebuah monument yang mendunia!

    Mungkin inilah moment yg paling tepat bagi HKBP di era ini, jg umat Kristen secara umum melalui Panitia Jubileum 150 HKBP menunjukkan eksistensi Gereja di dunia ini.

    Pos roha tatangianghon ma. Nda angka partogi ni hurianta do nasida?

    Sai anggiat ma marhaposan tu Debata angka Panitia na tapatujolo i.

    Asa, songon na nidok ni Hata ni Debata:
    “Alai angka na marhaposan tu Jahowa maruli hagogoon mardapotdapot, gabe marhabong ni lali laho manaek. Marlojongi nasida ndang olo loja, mardalani nasida ndang olo mandate.

    Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.
    (Yesaya 40:31)

  21. Februando Simanungkalit on December 22, 2009 at 3:46 pm

    Pekerjaan yang sangat besar, Jubileum 150 Thn HKBP….!
    Selamat bekerja untuk panitia yang sudah terbentuk, pasti banyak tantangan, tapi Tuhan akan menguatkan seluruh panitia adan ruas HKBP, harapan kami bukan hanya acara seremonial belaka, tapi wujud nyata dari pesta tsb akan nyata dalam hidup berjemaat. Bravo HKBP, semoga semakin jaya, jangan lupa reformasi dan dari semuanya itu yang terutama adalah demi kemuliaan Tuhan ditempat maha tinggi dan damai di bumi.
    Selamat bekerja amang sebagai sekretaris 1, Tuhan memberkati.

  22. Welsing on December 22, 2009 at 4:38 pm

    narsis…?? halah…mungkin bpk itu bangga kali menjadi salah satu jadi panitia tersebut padahal ada juga panitianya yang sangat berbeban berat memikul tanggung jawab itu karena memang harus dilakoni secara sungguh-sungguh dan butuh pengorbanan…….

    Daniel Harahap:
    Semoga tak ada panitia yang habis dilantik bikin acara syukuran. :-)

  23. Friska pardede on December 22, 2009 at 7:44 pm

    Kalau bikin acara syukuran tudu2 ni sipanganon di berika kepada siapa amang!
    Aku sih membayangkan momen itu kira2 sudah ada di face book amang itu kali ya :)

  24. Anna Elfina on December 23, 2009 at 7:24 am

    Biasalah amang.. sekarang kan musim narsis dlm hal foto2an, apalagi maraknya situs pertemanan di dunia maya membuat segala aktivitas penting seperti itu selalu ingin di upload & diceritakan… sekali 150 tahun lho!

    Daniel Harahap:
    Ya iyalah. :-)

  25. Victor Tinambunan on December 23, 2009 at 2:16 pm

    Doa dan harapan kita, panitia yang dilantik ini mendapat kekuatan prima dan hikmat dari Tuhan, sang pemilik Gereja dan HKBP secara khususnya. Usul Amang DTA: kalau boleh, sebelum Panitia membicarakan ‘program’ dan bagaimana perayaan ini dilakukan, agar dimulai dengan sebuah refleksi teologis dan perenungan mendalam apa itu “Jubileum” (Alkitabiah dan teologis) dan dijemaatkan atau dipublikasikan…… Dari situlah dapat dirumuskan ‘tujuan’ (apa yang diharapkan terjadi). Terus terang Amang DTA, selama ini jubileum yang dirayakan di tingkat jemaat lebih dominan ‘penggalangan dana’. Dana memang diperlukan. Tapi, pengumpulan dana dapat dilakukan dalam acara tersendiri, mungkin setahun sesudah jubileum 150 tahun.

    Bagus juga kalau amang DTA membuat suatu “wawancara imajiner dengan Ephorus Dr I.L. Nommensen). Apa yang ‘ia’ harapkan, karena beliau tidak bisa diundang oleh Panitia untuk hadir.

    Selamat berlelah untuk kemuliaan Allah.

  26. san herib on January 6, 2010 at 12:06 am

    Selamat Tahun Baru 2010 semoga program jubelium hkbp 150 th sukses GB to All of Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*