Anugerah Beriman

June 13, 2009
By

Almanak Sabtu 13 Juni 2009:

Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan BapaKu yang di sorga” (Matius 16:17)

Simon Petrus beriman dan mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yang dijanjikan Allah, Anak Allah yang hidup. (Matius 16:16). Yesus mengatakan kepadanya bahwa iman dan pengakuan itu tidak berasal dari diri Petrus melainkan dari Allah sendiri. Allah-lah yang menganugerahkan iman dan pengakuan itu kepada Petrus.  Sebab tak ada seorang pun yang bisa datang dan beriman kepada Yesus jika bukan karena dipanggil dan dikenan Allah. Sekali lagi tidak ada seorang pun yang dapat mengaku Yesus adalah Tuhan jika bukan karena dorongan Roh Allah. (1 Kor 12:3).

Jika hari ini pun kita beriman dan mengaku Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit, Juruselamat, Anak Allah yang hidup,  maka itu juga anugerah Allah kepada kita. Iman itu tidaklah lahir dari pikiran dan hati atau usaha kita sendiri, tetapi berasal dari Allah sebab itu anugerah.

Sebab itu mari bersyukur dan bersukacita sebab kita mendapat anugerah beriman itu, dimasukkanNya ke dalam kerajaanNya dan bahkan hidupNya sendiri.  Allah telah memanggil kita ke dalam persekutuan dengan AnakNya, hidup bersama-sama dan dalam Dia, memperoleh pengampunan dosa, keselamatan dan hidup kekal dalam namaNya. Mari kita respon semua pemberian itu dengan rasa syukur, hormat dan pujian. Dan mari kita memelihara baik-baik iman pemberianNya itu.

Doa:
Ya Allah, kami bersyukur sebab Engkau telah memanggil kami ke dalam hidup kekal dengan menganugerahkan kami iman. Kami percaya kepada Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami, AnakMu yang tunggal, yang telah mati dan bangkit demi hidup baru kami.  Ajarlah kami setia dan tetap beriman kepadaNya dalam suka dan duka, sehat maupun sakit, kaya maupun miskin, sampai akhir hidup kami. Dalam nama Yesus. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

6 Responses to Anugerah Beriman

  1. Lala on June 13, 2009 at 8:26 am

    Terima kasih Tuhan atas KasihMu yg begitu Besar dalam hidupku..ajari terus aku untuk tetap setia bagaimanapun keadaanku dan imanku terus bertumbuh dan berbuah.Biarlah aku terus mengandalkan Engkau hari ini sampai selama2nya,amin.

  2. eric arac on June 13, 2009 at 8:32 am

    Ajaib benar anugerah, pembaru hidupku, kuhilang buta bercela, olehnya ‘ku sembuh. Amazing grace, how sweet the sound, that saved a wretch like me, I once was lost, but now I’m found, was blind but now I see. laos taendehon ma

  3. Mangara Pakpahan on June 13, 2009 at 9:47 am

    Iman Petrus sudah membuktikan bagi kita bahwa itu merupakan pemberian Allah yang selanjutnya disebut dengan istilah “anugerah”. Demikian pula dengan hidup kita, bahwa kita beriman bukan karena hasil usaha melainkan karena anugerahNya. Kita boleh memuji Tuhan, itu pun karena Dia sendiri yang mengarahkan kita melalui pekerjaan RohNya. Syukur bagi Tuhan Allah yang telah menyatakan iman bagi hidup kita sehingga kita mampu hidup berbahagia.

    Doa ku:
    “Ya Tuhan Allah, terimakasih untuk anugerahMu yang sudah Engkau nyatakan bagi hidup ku, sehingga hidup ku menjadi kepunyaanMu karena iman yang

  4. Jansen H. Sinamo on June 13, 2009 at 10:25 am

    Sola gratia. Grace for all. Puji Tuhan.

  5. M Tampubolon on June 13, 2009 at 12:46 pm

    Trimakasih Yesus, Engkaulah Tuhan ku yang hidup dalam jiwaku. Hidup senang atau susah, suka atau duka. Ingatkan saya Tuhan untuk selalu mengucap syukur, dan bertrimakasih atas berkat dan anugrahMu. Dan Engkau juga mengijinkan pencobaan, untuk menguji imanku agar kiranya tetap mengandalkan Engkau dalam hidupku. Amin
    To amang: Trima-kasih atas renungan untuknya hari ini. Tuhan Yesus memberkati kita. Haleluya.

  6. Friska pardede on June 13, 2009 at 9:43 pm

    Ia tarsunggul au manogot di Minggu naimbaru i.
    Marlasni roha ma hutopot bagasMu parmingguan i
    Ai jaloonku ma disi hataM na sun badia i BE no 327 ayat 8

    Lagu : Johann Baalthasar Konig 1736

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*