Beriman Tak Sendirian

January 31, 2009
By

Almanak Sabtu 31 Januari 2009:

kawanan-domba.jpg

Supaya aku melihat kebaikan pada orang-orang pilihan-Mu, supaya aku bersukacita dalam sukacita umat-Mu, dan supaya aku bermegah bersama-sama milik-Mu sendiri. (Mazmur 106:5)

Ayat Almanak hari ini adalah sebuah doa untuk umat atau jemaat. Sang pemazmur berdoa memohon agar TUHAN Allah mengingat dan memperhatikan keadaan jemaatNya. Bukan karena mereka baik atau telah berjasa kepada TUHAN, namun semata-mata demi kemurahan TUHAN sendiri dan keselamatan yang dilakukanNya. Sang pemazmur sendiri mengaku seluruh jemaat atau umat itu berdosa kepada TUHAN sejak dahulu kala.

Namun sang pemazmur berdoa, demi kemurahan TUHAN itu, agar dia melihat kebaikan umat pilihan TUHAN sendiri. Bukan hanya itu, agar dia dapat bersukacita dalam sukacita umat atau jemaatNya dan bermegah bersama-sama milik kepunyaan TUHAN itu. Di sini kita melihat sang pemazmur menempatkan dirinya benar-benar sebagai bagian dari umat atau jemaat TUHAN. Sebab itu dia juga berdoa demi kesejahteraan umat atau jemaat itu, bukan hanya untuk dirinya sendiri saja.

Almanak hari ini menginspirasi dan memotivasi kita juga menempatkan diri kita sebagai bagian tak terpisahkan dari jemaat yang telah ditebus oleh Allah melalui PutraNya Yesus Kristus. Kita adalah anggota dari gereja TUHAN, kawanan domba Allah, arak-arakan umat Allah. Kita adalah anggota Tubuh Kristus. Kita tidak sendirian, terpencil atau terasing beriman. Kita beriman kepada Allah dalam dan bersama-sama jemaat yang dibentukNya. Bila hidup jemaat baik maka kita pun baik. Bila jemaat sukacita maka kita pun sukacita. Sebab itu marilah kita berdoa untuk kebaikan dan sukacita jemaat dimana kita hidup di dalamnya dan menjadi salah seorang anggotanya. Bukan berdoa untuk diri sendiri saja.

Doa:

Ya Allah, kami mengucapkan syukur dan terima kasih sebab Engkau mendirikan gerejaMu, Tubuh Kristus, di dunia ini, dan mengijinkan kami menjadi anggotaNya. Berilah kami Roh Kudus agar kami dapat melihat dan merasakan anugerah yang Kaucurahkan kepada gerejaMu. Kami berdoa khusus untuk semua gerejaMu di Indonesia dan di muka bumi. Peliharalah dan lindungilah gereja yang telah Kautebus dengan darah PutraMu. Secara khusus kami berdoa untuk jemaat dimana kami terdaftar dan menjadi anggotanya. Berkatilah jemaatMu berlimpah-limpah. Biarlah kami juga menyaksikan kebaikan dan sukacita jemaatMu dalam Tuhan. AMIN.

Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

4 Responses to Beriman Tak Sendirian

  1. Beben Sihombing on January 31, 2009 at 5:19 pm

    Marilah kita juga mendoakan para Pendeta, pengurus gereja agar benar2 menjadi berjalan di jalan Tuhan dan melayani jemaat dg hati yg sukacita dan sungguh2 bukan hanya karena uang :-)

    Daniel Harahap:
    Amin. Setuju. Mari juga mendoakan jemaat agar tidak mengukur pendetanya dengan uang, atau ingin mengatur gereja sesuai selera dan keinginannya karena merasa telah memberi cukup uang kepada gereja. :-)

  2. sabar simanjuntak on January 31, 2009 at 6:31 pm

    salam kenal buat Pak Pdt Daniel Taruli Asi Harahap
    Saya memang baru pertama mengunjungi web bapak ini. Iya lumayan bagus juga sih. Cocok juga buat kita anak muda yang memulai memperdalam iman kepercayaan. Memang sangat benar Pak Pendeta bahwa kita ini harus hidup berdampingan antara satu sama lain. Dan di gereja pun kita tidak boleh sendiri untuk memuji dan memuliakan Tuhan harus dengan jemaat yang lain.

  3. buty pasaribu/tobing on February 1, 2009 at 12:08 pm

    saya setuju apa yg bp pendeta katakan, demikian jg dgn Beben Sihombing,
    karena kedua2nya kenyatannya masih terjadi. marilah kita saling mendoakan agar kita sbgi jemaat begitu juga para pendeta, selalu rendah hati, terlebih di hadapan TUHAN. dan apa yg kita perbuat hanyalah utk kemuliaan nama TUHAN.

  4. S. Marihot Hutahayan on February 1, 2009 at 5:25 pm

    Agar parhalado dan jemaat menyadari bahwa mereka cuma ‘ranting’ yang tidak bisa lepas dari ‘Sang Pokok’. Beranjak dari kesadaran inilah baik jemaat maupun parhalado ‘memainkan’ peran atau misinya yang
    berhakekat untuk kemuliaanNya. Tambahononna pe akka ondeng na sun denggan tu angka pangula di porlakNa. Don’t worry be HAPPY!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*