Mari Beribadah Bersama

June 24, 2008
By

Almanak Selasa 24 Juni 2008:

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. (Ibrani 10:25)

Iman Kristen di satu sisi adalah hubungan pribadi seseorang yang sangat intim, intens dan unik dengan Allah. Sebab itulah Yesus menganjurkan dalam kotbah di bukit agar kita tidak perlu mempertontonkan kesalehan kita di depan orang banyak. Jika kita ingin berdoa, sebaiknya kita berdoa di ruang tertutup dan terkunci. Jika kita ingin puasa sebaiknya kita membasahi wajah dan meminyaki rambut agar tidak seorang pun tahu bahwa kita sedang berpuasa. Dan jika kita ingin memberi persembahan atau sedekah sebaiknya kita juga melakukannya diam-diam, bahkan tangan kiri kita tidak perlu tahu apa yang dilakukan tangan kanan kita. Dengan demikian ibadah kita benar-benar keluar dari hati yang paling dalam dengan motivasi yang paling murni.

Namun di pihak lain iman Kristen juga adalah iman komunal atau iman yang dialami dan dihayati dalam komunitas, kebersamaan, persekutuan atau gereja. Yesus yang bangkit itu selalu menampakkan diriNya kepada murid-muridNya saat mereka berkumpul. Yesus juga menganjurkan murid-muridNya agar berdoa bersama (Mat 18:18-19) dan Dia mendirikan gerejaNya. Dan hari ini kita diingatkan agar tetap menghargai persekutuan-persekutuan ibadah kita dengan selalu setia menghadirinya.

Baiklah kita sadar bahwa ibadah bersama bukanlah sekadar masing-masing di tempat dan waktu yang sama. Ibadah bersama artinya kita mau memuji Tuhan, mendengar hukumNya, mengaku dosa dan menerima pengampunan, mendengar firman dan menggumulinya, serta menerima berkatNya sebagai pribadi sekaligus sebagai suatu persekutuan. Tuhan tidak ingin menyapa dan memberkati kita bukan sebagai pribadi-pribadi yang lepas, tetapi terutama sebagai persekutuan, kawanan domba, atau umat yang didirikan oleh firman, Roh dan kasihNya.

Di tengah-tengah jaman yang cenderung mendorong manusia semakin individualistis dan egoistis ini kita diingatkan bahwa Tuhan memanggil kita orang-orang yang sama-sama beriman kepada Kristus untuk menjadi suatu persekutuan yang saling mendorong, meneguhkan dan mengasihi. Sebab itu tak ada alasan bagi kita untuk hanya mementingkan keperluan, kenyamanan dan ketenangan diri sendiri termasuk dalam ibadah-ibadah kita. Berdoa pribadi itu perlu namun berdoa bersama lebih perlu. Mengaku iman sendiri-sendiri itu penting namun mengaku iman bersama-sama jauh lebih penting.

Doa:

Ya Allah, terima kasih sebab Engkau telah mendirikan gerejaMu agar kami dapat bersama dan bersekutu memuliakan namaMu. Berkatilah kehidupan persekutuan kami dalam gerejaMu. Ajarlah kami untuk menghayati iman kami dalam kebersamaan, kesetiawakanan, dan kasih dengan saudara-saudara seiman kami. Nyatakanlah diriMu kepada gerejaMu yang telah Kautebus dengan darah PutraMu dan Kaudirikan dengan RohMu. Dalam persekutuan dengan gereja segala abad dan tempat kami memuliakan namaMu dan mendengar firmanMu. AMIN.

Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

Share on Facebook

3 Responses to Mari Beribadah Bersama

  1. dr Dahono on June 25, 2008 at 12:41 pm

    Pak Pendeta, renungan hari ini 25 Juni 2008, jam ini, 12.41 wib, kok belum ada ?

  2. Esra on June 25, 2008 at 1:54 pm

    Amang sakit atau ada masalah yang besar sehingga renungan tgl 25 Juni 2008 ini sudah hampir jam 14:00 wib belum muncul ???????….
    Molo namarsahit do Amang, sai Tuhanta ma namangalehon hiras ni daging di Hamuna. Amen. Mauliate Godang….

    Daniel Harahap:
    Horas Ezra, saya baru saja mendarat di Jakarta. Tadi pagi berangkat dari Bandara Silangit pukul 08.00, mengisi avtur di Medan, lantas mendarat di Halim pukul 12 siang. Saya baru saja tiba di rumah dan sempat memposting renungan harian.

  3. Nana Simarmata on June 25, 2008 at 2:27 pm

    Syalom
    Amang blog nya kok ga up date…iya renungan tgl 25 Juni 2008 blom ada nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*