Gunung Sindur: Siapa Menyusul?

June 20, 2008
By

Oleh: Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

babi-gunung-sindur.JPG

Terletak di di perbatasan Kabupaten Tangerang dan Bogor, Pos Kebaktian HKBP Gunung Sindur yang berada di bawah naungan HKBP Serpong Tangerang beranggotakan kurang-lebih 60 (enam puluh) kepala keluarga dengan mata pencaharian utama sebagai pengusaha sektor informal khususnya tambal ban dan pegawai kecil di pemerintahan maupun swasta. Sejak dua tahun lalu komunitas ini beribadah di sebuah rumah yang berada di tengah-tengah kawasan peternakan babi dan ayam, yang dipinjamkan secara sukarela oleh Keluarga R Tampubolon, anggota jemaat HKBP Serpong selama 3(tiga) tahun yang akan berakhir tahun yang akan datang.

Pos Kebaktian HKBP Gunung Sindur sendiri telah memiliki tanah dengan SHM seluas +/- 900 meter tak jauh dari lokasi tempat ibadah sekarang. Proses perijinan sedang diurus oleh Panitia Pembangunan HKBP Gunung Sindur dan dengan doa, ketulusan dan kerja keras seluruh Panitia dan Parhalado diharapkan dapat tuntas dalam waktu dekat. Sebab itu sambil proses perijinan berjalan, pikiran dan perhatian pun kini mulai difokuskan untuk bagaimana membangun gedung gereja di atas lahan tersebut.

Doa dan kerja terus dilakukan. Gambar bangunan rumah ibadah itu pun mulai dirancang. Kepada kawan-kawan Panitia Pembangunan dan Parhalado HKBP Gunung Sindur sudah saya coba sampaikan agar pembangunan gereja HKBP Gunung Sindur benar-benar mewujudkan visi HKBP sebagai gereja yang inklusif, dialogis dan terbuka. Sebab itu bayangan saya gereja yang bakal dibangun itu benar-benar akrab dan menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Saya sendiri bukan arsitek, namun saya berpendapat arsitektur gereja itu kelak kontekstual dan ramah lingkungan. Entah kenapa saya tiba-tiba terpikir: gereja bambu. Ya sebuah gereja mungil dan sederhana, beratap rendah, berdinding bambu dan juga beraltar bambu, yang penuh cahaya dan udara segar alami. Alangkah indahnya. Apalagi ditunjang dengan pepohonan di halaman dan telaga kecil yang kebetulan ada persis di belakang gereja. Apalagi jika lahan bisa diperluas. Saya sungguh gembira karena kawan-kawan Panitia dan Parhalado yang sebagian besar masih muda-muda itu setuju kepada ide gereja low profile, bersahaja dan ramah itu. Kepada mereka saya katakan: kemuliaan dan keagungan Tuhan tidak tercermin oleh kemegahan bangunan gereja tetapi justru oleh kerendahan hati, kasih dan kesetiaan kita sebagai umatNya.

Lantas bagaimana? Sebagai seorang pendeta saya tidak punya kekuatan, kepintaran dan kekayaan untuk mewujudkan rencana ini. Namun entah kenapa, saya sangat percaya kepada kekuatan doa, ketulusan dan kerja sama. Sebab itulah saya meminta ijin kawan-kawan di Gunung Sindur untuk membagikan mimpi dan pergumulan ini kepada kawan-kawan saya di dunia maya. Kesaksian saya sejak melayani di HKBP Rawamangun berkat yang saya peroleh dari komunitas dunia maya ini justru nyata sekali. Apa yang dapat dibantu? Pertama: masukkanlah nama HKBP Gunung Sindur dalam doa kawan-kawan. Tidak harus saban hari atau saban minggu, cukuplah sesekali saja tetapi pasti. Kedua: masukkanlah juga Gunung Sindur ke dalam program kasih dan kemurahan hati Anda. Untuk yang terakhir, langsung saja saya lampirkan nomor rekening Panitia Pembangunan HKBP Gunung Sindur: BNI Margonda Depok No Rek. 0148099580 a.n. Juliher Manullang. Untuk keperluan pengecekan dan kontrol: mohon agar pengiriman dana dikonfirmasi vis sms atau telepon kepada St. Darwin Nainggolan No HP 0813-101-387-91 dan St J Sianturi No HP 0813-99677603, atau melalui ke Kantor Gereja HKBP Serpong Telp/Fax 021-5376465. Atau melalui email kami sendiri: harahapdaniel@yahoo.com

Di kawasan Rawamangun telah berdiri sebuah gereja anak juga karena doa, semangat dan kasih kawan-kawan. Ijinkan saya berpengharapan di Gunung Sindur mujizat Tuhan akan kembali nyata. Dan bila itu terjadi, biarlah segala kemuliaan hanya untuk NamaNya. Cukuplah bagi saya, kami dan kita sukacita dan bahagia.

Horas,

Pdt Daniel Taruli Asi Harahap

gereja-sementara.JPG

Foto Pos Kebaktian HKBP Gunung Sindur Resort Serpong dapat klik link di bawah ini:

http://picasaweb.google.com/rumametmet/GerejaHkbpGunungSindur

Terima kasih atas bantuan yang telah sampai. Siapa mau menyusul?

Share on Facebook

16 Responses to Gunung Sindur: Siapa Menyusul?

  1. JPH on April 21, 2008 at 6:04 pm

    Amang Dta ,Saya sangat setuju sekali ide tsb. bayangan kita spt gereja didusun kecil tetapi jadi Cahaya disekitarnya. Saat ini saya banyak melihat bangunan rumah atau villa dll kembali ke konsep alam pedesaan yang ramah lingkungan, jauh dari kesan mewah dan tentunya biaya relatif murah, dan saya kira lebih dapat diterima oleh teman2 kita disekitarnya. Doa kita agar segera terwujud, mimpi jadi kenyataan. Selamat berjuang untuk Rekan2 di Gn Sindur.
    Tuhan Yesus memberkati.

  2. Sondang N on April 21, 2008 at 10:03 pm

    Amang saya sangat terharu melihat foto2nya dan membaca beritanya, tapi sebagai orang beriman kekuatan doa sangat luar biasa, dan tidak ada yang mustahil bagiNya.

  3. Gerda Silalahi on April 22, 2008 at 9:31 am

    sudah bisa kubayangkan indahnya gereja bambu ini nantinya.

    aku pernah mengunjungi sebuah gereja bambu sangat sederhana di pedalaman suatu desa di ajibata. lupa nama desanya. gereja ini beralas tanah, berdinding setengah kayu, setengah lagi bambu…, atapnya rumbia. mimbarnya hanya sebuah meja kayu lapuk, dan sebuah salib kecil diatasnya. jemaat duduk di lantai. hanya memuat 20 orang. penerangan dengan lampu teplok. sederhana banget. hingga hari ini, ibadah di gereja pentakosta itu menjadi ibadah yang tidak bisa aku lupakan. sangat mudah menghayati kehadiran tuhan dalam kesederhaan memang.

    aku doakan semoga tercapai yah amang, aku boleh bantu forward tulisan ini ke teman2ku yah?

    Pro Gerda:
    Tanya: “aku doakan semoga tercapai yah amang, aku boleh bantu forward tulisan ini ke teman2ku yah?”
    Jawab: setelah didoakan, boleh. :-)

  4. Grace Simanjuntak on April 22, 2008 at 11:25 am

    Syaloom & Horas Amang DTA,

    Mohon sampaikan salam dan dukungan semangat terus ya buat Jemaat dan Parhalado Tuhan di “Gereja Bambu”.
    Tuhan kita itu memang ajaib.

    GBU all.

  5. Dutides Bonar Simbolon on April 22, 2008 at 2:30 pm

    Horas……

    Pdt Benget Simamora yang ada pada gambar, saya sangat kenal.
    Tolong sampaikan salamku buat beliau dari aku anak tulangnya yang sekarang berada di Batam dan Selamat Melayani di dalam nama Yesus Kristus….
    God bless him…

  6. EH on April 22, 2008 at 4:13 pm

    Aku bisa bayangkan sebuah gereja kecil berdinding bambu…
    Ketika berdoa, sayup-sayup ada kecipak air kolam…ada desau angin dan bunyi gemerisik dedaunan…ada cericit burung…rasanya damai sekali…belum lagi jemaat yang selalu hadir dengan senyum ramah dan tulus, saling memperhatikan (care)…. saling membantu…
    Tuhan Maha Murah…doa yang sungguh2 didoakan pasti terjawab…

    GBU

  7. Daniel T.A. Harahap on April 23, 2008 at 12:38 pm

    Barusan saya terima email dari Ika Sialagan telah mengirimkan dukungannya. Terima kasih atas partisipasinya. Siapa menyusul?

  8. ibu tiur on April 24, 2008 at 12:27 am

    minta ijin bolehkah kami memuat ini didalam bulletin gereja kita regarding outreach to foreign country….
    thanks pak pdt. harahap

    daniel harahap:
    silahkan saja. thx.

  9. Daniel T.A. Harahap on April 28, 2008 at 9:41 am

    Terima kasih untuk Pak Japarmen Manalu dari Solo. :-)

  10. kenzo on April 28, 2008 at 7:59 pm

    Syalom AMANG PENDETA, mudah2an gereja HKBP G,sindur cepat selesai. karena sudah banyak warga HKBP yang cari2 HKBP yang mudah di angkau dari Parung, Ciseeng, G.sindur, Tehkno, Sawangan, Puspitek dll. GBU

  11. Robert Manurung on April 30, 2008 at 10:41 am

    Hakekat sebuah gereja bukan bangunan fisiknya, iya kan ? Gereja adalah fungsi dan misi.

    Kotbah Yesus yang paling inspiring adalah di atas bukit, di alam terbuka; dan di atas perahu.

    Salam Merdeka
    dari jemaat yang rindu atmosfir spiritual di dalam gereja

  12. Faber Siagian on May 2, 2008 at 11:03 am

    Maaf Out Of the Topic sebentar ya…
    Saya sedang berdomisili di BSD saat ini, baru beberapa bulan.
    Saya bingung tentang alamat HKBP Serpong, sebenarnya bukan bingung, tapi gak tau, hehehehehe..

    Tolong bantuin saya…

    Pro Pak Faber Siagian:
    HKBP Serpong
    Villa Melati Mas
    Jalan Oleander VI Blok O No 1 Serpong Telp 021-5376465
    (masuk dari sebelah Giant, ketemu pos polisi belok kanan,
    jalan ketiga kanan lagi. ketemu deh. :-)

  13. H pardosi on May 13, 2008 at 11:52 pm

    Horas Amang Pdt.
    Saya Sebagai Warga HKBP gn Sindur,
    sangat Berterima kasih Buat Amang .
    semoga Cepat terlaksana pembangunan Greja ini.
    Dan Buat donatur , Banyak2 terimakasih Tuhan Memberkati.
    tanpa Bantun Anda semua km tidak bisa berbuat banyak. Mauliate,,,

  14. St. Darwin Nainggolan on August 7, 2008 at 4:16 pm

    Horas Amang Pdt.
    Puji syukur kepada Tuhan bahwa kita bisa sukses dalam acara Peletakan Batu pertama Pembangunan Gereja Gunung Sindur. Kiranya Tuhan selalu memberkati kita.

    mauliate.

  15. NN on November 26, 2008 at 1:58 pm

    Puji Tuhan, Dia begitu baik.
    Amang tadi saya sudah tranfer 1 jt. untuk pembangunan HKBP Gunung Sindur. Dah dikonformasi dengan Amang Nainggolan (Via SMS).

    Daniel Harahap:
    Terima kasih banyak.

  16. Roy Pa1000 on December 31, 2008 at 7:26 am

    Kel. St. Budiharjo Sihombing mengucapkan Selamat Tahun Baru 2009. semoga kita selalu diberkati Tuhan. God Bless All….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*