Kristus yang dijanji

November 19, 2007
By

 

Almanak Selasa 20 November 2007:

mawar1.jpg

 

“Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.” (Kis 13:32-33)

Allah berjanji melalui para nabiNya bahwa Dia akan mengutus seorang Mesias, Yang Diurapi, untuk membebaskan umatNya. Selama ratusan tahun umat Israel hidup mengharapkan pemenuhan atau penggenapan janji Allah itu. Mereka percaya bahwa Allah Israel setia, tidak pernah ingkar janji, sebab itu mereka terus menanti-nantikanya. Ketika umat Tuhan berada dalam kesukaran dan penderitaan, janji Allah itulah yang meneguhkan iman mereka dan membuat mereka kuat bertahan.

Rasul Petrus dalam kotbahnya mengatakan: janji Allah dahulu kala kepada nenek moyang mereka itu sudah digenapi. Allah sudah mengutus Yesus Kristus ke dalam dunia, menderita dan mati menebus umat manusia, dan membangkitkan Dia dari maut demi kehidupan dunia yang baru. Sebab itu umat Israel dan kita yang sekarang diajak untuk percaya dan memusatkan perhatian kepada Yesus Kristus, Sang Mesias yang dijanjikan itu. Dalam dan melaui Dialah kita menemukan keselamatan, kebangkitan dan kehidupan baru kita. Dialah Anak Allah yang tunggal yang telah diutus ke dunia ini menyelamatkan kita dari ancaman maut dan mengaruniakan kepada kita hidup Allah yang kekal. KepadaNyalah kita sekarang berharap dan berseru.

Doa:

Ya Allah, kami bersyukur sebab Engkau telah memanggil kami ke dalam hidupMu dalam dan melalui Yesus Kristus, PutraMu, Tuhan, Pembebas kami. Dalam Dia kami telah memperoleh hidup yang sejati dan penuh, yaitu hidupMu sendiri. Biarlah kami meneruskan dan membagi-bagikan kesukacitaan ini kepada sekeliling kami, agar lebih banyak lagi orang yang memperoleh kesempatan hidup bersamaMu dalam sukacita dan kebahagiaan abadi. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

 

Kembali ke halaman depan:

 

Share on Facebook

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*