Jangan beranjak dari Kitab Suci

Almanak Jumat 26 Oktober 2007:

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikianlah perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yosua 1:8)

Itulah pesan dan bekal yang disampaikan kepada Yosua, seorang muda yang dipercayakan menggantikan Musa memimpin umat Israel berjalan menuju Tanah Kanaan. Sebagai seorang pemimpin Yosua diingatkan agar bertindak hati-hati sesuai dengan hukum Tuhan. Itulah yang akan membuatnya berhasil dalam tugasnya.

Pesan yang sama kini ditujukan kepada umat Kristen masa kini. Sama seperti Yosua kita pun membutuhkan Alkitab yang memuat hukum, ketetapan dan bimbingan Tuhan sebagai kerangka acuan, sumber inspirasi dan motivasi, dan penuntun arah dan tujuan dalam hidup ini. Sebab itu kita juga diajak membaca dan merenungkan Alkitab saban hari, menjadikannya sebagai kitab yang selalu terbuka, dan tidak pernah berhenti didekati dan dikaji seksama, serta diperhadapkan dengan realitas.

Mengapa kita harus membaca dan merenungkan Alkitab (dalamnya ada 66 buku dan surat) itu? Pertama: untuk tahu apa yang baik, benar dan tepat sebagaimana ditunjukkan Tuhan kepada umatNya dalam sejarah. Kedua: untuk mengenal diri kita sendiri, sebab hanya dengan membaca Alkitab itulah kita tahu bahwa kita orang berdosa namun sangat dikasihi Allah. Ketiga: untuk mengenal Allah sendiri yang telah menyatakan diriNya dalam Yesus Kristus dan mengaruniakan kita Roh Kudus. Sebab itulah bagi orang beriman Alkitab itu benar-benar cermin, rambu penunjuk arah, kompas, buku panduan, dan sumber air dalam kehidupan.

Doa:
Ya Allah, ajarlah kami membaca Alkitab dengan rajin dan dengan hati yang selalu terbuka dan mencari kebenaranMu. Karuniakanlah kami Roh Kudus, agar kami menemukan, memahami dan menghayati firman Tuhan kepada kami masa kini. Dalam Kristus, Firman yang telah menjadi manusia. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

2 comments for “Jangan beranjak dari Kitab Suci

  1. October 30, 2007 at 1:55 pm

    thats why bible is the best book that ever exist …….

  2. November 5, 2007 at 10:33 pm

    ….renungkanlah siang dan malam (yosua 1:8). kayaknya renungan pagi aja gak cukup.Makasi Amang buat ayatnya baru kali ini buka Yosua 1:8 :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *