Nyanyian Orang Yang Ditinggikan

Almanak Kamis 25 Oktober 2007:

Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang maha tahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji (1 Sam 2:3)

Ayat di atas adalah petikan nyanyian Hana, seorang perempuan yang lama dalam hidupnya menderita hinaan dan cemoohan karena: mandul. Kita tahu dalam masyarakat Yahudi (juga Batak) pada jaman dahulu kemandulan dianggap aib atau celaka besar bagi seorang perempuan, yang bisa menyebabkan ia diceraikan. TUHAN menjawab kerinduannya. TUHAN mengangkat Hana dari debu dan lumpur dan menjadikannya terhormat. Sebab itu Hana memuji TUHAN dan berkata kepada orang-orang yang mencemoohnya: janganlah kamu selalu berkata sombong dan mencaci-maki!

Bagi kita yang hidup layak dan sejahtera, memiliki pendidikan dan pekerjaan bagus serta keluarga bahagia, ayat hari ini mau mengingatkan kita agar jangan sekali-sekali menghina orang yang kecil dan lemah, yang keadaannya jauh lebih kurang dibanding kita. Dalam syukur kita atas berbagai berkat yang dilimpahkan TUHAN, baiklah kita merendahkan hati dan selalu menguasai diri. Mengapa? Karena TUHAN akan mendengar doa orang-orang kecil yang terhina dan tersingkirkan.

Sebaliknya, bagi kita yang berada dalam keadaan susah, penuh kekurangan dan masalah, ayat hari ini juga mau mengingatkan kita agar tetap tenang dan percaya bahwa TUHAN adalah pembela orang lemah dan kecil. Dia tidak akan menelantarkan kita. Sama seperti Dia mengangkat Hana, Dia pun mau mengangkat kita dari keterpurukan, lumpur dan debu kehidupan ini. Sebab itu tetaplah merendahkan hati juga di hadapan TUHAN.

Doa:
Ya Allah, Engkau membela kami, mengangkat kami dari lumpur dan debu, menjadikan kami anak-anakMu dalam kemuliaan. Penuhilah hati kami dengan syukur dan terima kasih. Ajarlah kami selalu mencontoh Yesus, Tuhan kami, untuk bersikap lemah-lembut, rendah hati dan sabar. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *