Tuhan bertindak umat selamat

Almanak Jumat 19 Oktober 2007:

Aku akan melakukannya oleh karena namaKu, ya oleh karena Aku sendiri, sebab masakan namaKu akan dinajiskan? Aku tidak akan memberikan kemuliaanKu kepada yang lain. (Yesaya 48:11)

Umat TUHAN dihukum karena memberontak kepada Tuhan dengan melakukan yang jahat. Namun TUHAN tidak menghendaki mereka hancur dan lantas hilang lenyap. TUHAN tetap mengasihi umatNya dan ingin memulihkan keadaan umatNya itu. Dan Dia melakukan semua itu demi namaNya sendiri, demi kasihNya dan demi kemuliaanNya.

Umat Israel harus sadar bahwa mereka telah menajiskan atau mengotorkan nama TUHAN dengan dosa-dosa dan kejahatan-kejahatan yang telah mereka lakukan. Namun TUHAN mau mengampuni dosa mereka, menguduskan umatNya dan dengan demikian membersihkan namaNya sendiri. Selanjutnya umat Tuhan diminta sadar bahwa TUHAN sendirilah yang menyelamatkan dan memulihkan hidup mereka, bukan dewa-dewa atau kekuatan mereka sendiri. Sebab itu kepada TUHAN sajalah mereka harus bersyukur.

Ayat hari ini mengingatkan kita kepada kasih TUHAN yang besar dan tidak terbatas, melampaui dosa dan kesalahan kita. Dia sangat mengasihi kita dan ingin memulihkan kehidupan umatNya masa kini. Dia adalah Allah yang pengampun. Ya TUHAN tidak ingin kita hancur lenyap. Sebab itu Dia menebus kita, melakukan penyelamatan kita demi kasih dan kemuliaanNya. Apakah yang pantas kita lakukan kecuali bersyukur?

Doa:
Ya Allah, terima kasih kami sampaikan padaMu sebab kasihMu kepada kami sungguh besar dan tidak terkira, melampaui dosa-dosa kami. Engkau tidak menghendaki kami hancur lebur dan hilang lenyap karena dosa dan kejahatan kami. Sebab itu Engkau menyuruh PutraMu datang untuk menyelamatkan umatMu. Kami mau beriman dan menggantungkan hidup kami kepadaNya. Kasihanilah kami. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *