Rajin itu Berguna

September 19, 2007
By

Almanak Kamis 20 September 2007:

Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa. (Amsal 12:24)

Rajin itu masih berguna termasuk di dunia moderen. Orang yang rajin olahraga saban pagi pasti jauh lebih sehat daripada orang yang pola hidupnya tidak teratur. Orang yang rajin berdoa hidupnya pasti lebih tenteram dibanding orang yang hanya berdoa kalau kepepet. Orang yang rajin membaca dan mencatat lebih mudah berhasil dalam studi dibanding orang pintar yang tidak disiplin (karena itu lama-lama jadi bodoh). Orang yang rajin menabung hidupnya lebih sejahtera daripada orang boros. Dan seterusnya.

Pengalaman hidup kita menunjukkan bahwa rajin bukanlah sifat bawaan lahir, tetapi bentukan. Sifat rajin adalah hasil pembiasaan, perulangan terus-menerus, atau kedisiplinan. Sebelum mungkin pemaksaan diri. Tidak ada orang yang bisa rajin (belajar atau berkarya) dalam seketika. Dari istilahnya sendiri rajin mengacu kepada rentang waktu yang panjang. Berbahagialah orang yang sudah berhasil membentuk dirinya sebagai manusia yang rajin. Bagi yang belum, inilah kesempatan. Mungkin kesempatan terakhir.

Ayat hari ini masih mengingatkan kita tentang kerajinan. Suatu pesan yang sangat sederhana, dan mungkin dianggap sebagian orang terlalu sederhana sehingga diabaikan: Rajin-rajinlah bekerja, belajar, berdoa dan berbuat kebajikan. Rajin-rajinlah membaca Alkitab dan melakukannya.

Doa:
Ya Allah, kami sadar kerajinan itu berguna bagi hidup kami dan keluarga kami. Terima kasih atas sabdaMu. Bantulah kami terus menempa dan membentuk diri kami sebagai pribadi yang rajin dan ikhlas. Biarlah kami selalu bersemangat dan tidak pernah bosan mencari hal-hal baru dan baik dalam hidup ini. Terutama biarlah kami sangat rajin mendalami FirmanMu dan kasihMu, supaya kami hidup penuh bahagia dan makna. Dalam Yesus. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

3 Responses to Rajin itu Berguna

  1. tachhh on September 20, 2007 at 12:36 am

    first reading!
    huhu.
    tertohok!hahaa
    ok, i will :)

  2. Gloria on September 20, 2007 at 12:45 am

    Hiksss.. Dalam beberapa hal aku emang udah rajin, tapi lebih banyak malasnya dari pada rajinnya. Thx GOD 4 reminding me.

  3. Rio Choky on September 26, 2007 at 2:36 am

    Kita bangsa Indonesia seharusnya termasuk aku, harus membaca ini berulang kali agar tercambuk… Mauliate amang untuk mengingatkan..