Dia Membangkitkan Kita Sekarang

Almanak Sabtu 15 September 2007:

Dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karuniaNya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikaNya terhadap kita di dalam Kristus Yesus. (Efesus 2:6-7)

Alkitab selalu berkata-kata tentang hari ini dan di sini, maksudnya tentang hidup kita di dunia ini dan pada masa sekarang ini. Jika Alkitab menyebut tentang masa depan, maksudnya juga selalu masa depan yang dekat dan konkret, esok atau lusa, bukan masa depan yang terlalu jauh dan abstrak. Berita atau pesan masa depan ribuan atau jutaan tahun ke depan sering tidak berdampak etis atau moral kepada pembacanya, dan hanya memuaskan pemikiran dan imajinasi. Padahal Alkitab selalu memiliki tuntutan sikap etis dan moral terhadap pemberitaannya.

Ayat di atas juga harus dipahami dalam rangka masa kini dan masa depan yang dekat dan konkret itu. Perhatikan kata “telah” di ayat tersebut! Maksudnya: kebangkitan kita bersama-sama Kristus sudah terjadi sekarang dan bukan baru akan terjadi di masa depan, entah kapan. Sekali lagi: kebangkitan bersama Kristus itu sudah dapat kita alami dan rasakan mulai kini dan di sini. Lebih dari itu: tempat kita di sorga sudah diberikan bersama-sama Kristus sekarang, sebab itu tidak perlu ragu atau takut. Bahkan Dia menjanjikan akan memberikan lagi segala kekayaan kasih karuniaNya di masa mendatang.

Pertanyaan sekarang: bagaimanakah respons kita sebagai orang orang-orang yang sudah dibangkitkan dan menerima jaminan tempat di sorga? Sikap hidup dan moralitas yang bagaimanakah yang harus kita jalani di dunia ini sebagai orang-orang yang menjadi ahli waris kekayaan karunia Allah (sebenarnya bukan karena hak kita)? Bagaimanakah penghayatan kita terhadap ayat ini berdampak bagi perilaku dan tutur kata kita sehari-hari berhadapan dengan orang lain?

Doa:
Ya Allah, kami hanya mampu bersyukur menjawab anugerahMu yang telah membangkitkan kami bersama-sama Kristus, PutraMu, dan memberi kami tempat di sorga mulia. Kami hanya mampu bersyukur menerima janjiMu akan memberikan kami segala kekayaan anugerahMu. Rendahkanlah hati kami, ya Allah. Jauhkanlah kecongkakan, keserakahan, kesemberonoan dan kekikiran dari kami. Sebaliknya penuhilah hidup kami dengan syukur dan kasih. Dalam Kristus. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *