Pandu Ke Masa Depan

Rabu 4 Juli 2007:

Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya. (Mazmur 25:12)

Dalam hidup ini kadang atau selalu kita membutuhkan penunjuk jalan, guide, peta, kompas dan tanda-tanda yang harus dilalui. Agar tidak tersesat seorang pendaki gunung atau penjelajah rimba kawakan sekali pun sering masih memerlukan penunjuk jalan, yaitu orang-orang lokal yang dianggap paling mengenal medan. Seorang pilot dengan sekian banyak jam terbang tetap harus meminta panduan menara pengawas di darat. Ketika membawa mobil ke kota-kota lain yang belum pernah kita kunjungi, disamping membaca peta dan rambu, kita tetap jauh merasa lebih aman jika ada orang yang benar-benar tahu jalan di samping kita. Lantas bagaimana dengan perjalanan kita ke masa depan?

Perkembangan ilmu dan teknologi yang sedemikian maju kita akui telah membantu manusia memecahkan banyak masalah kehidupan, dan juga membuat hidup kita jauh lebih mudah dan nyaman. Juga membantu kita mengetahui trend atau kecenderungan, membuat prakiraan dan peramalan cuaca dan investasi. Namun bagaimanapun ilmu dan teknologi tetaplah tidak mampu menjawab seluruh pertanyaan kita tentang jalan-jalan ke masa depan apalagi makna dan kebahagiaan kehidupan. Kita tetap membutukan seorang Guide atau Penunjuk Jalan terpercaya yang mampu menunjukkan jalan yang harus kita tempuh agar tidak salah langkah.

Firman hari ini mengatakan bahwa TUHAN menunjukkan jalan-jalan kehidupan dan ke masa depan bahagia dan gemilang itu kepada orang-orang yang takut kepadaNya. Dengan kata lain TUHAN bersedia menjadi Guide atau Penunjuk Jalan Agung bagi orang-orang yang mau merendahkan dirinya di hadapan TUHAN, agar mereka tidak salah langkah, tersesat atau masuk perangkap. Dia bahkan mau berjalan bersama-sama dan kadang merintis jalan bagi orang-orang yang berseru memanggil namaNya. Sebaliknya Dia membiarkan orang-orang congkak yang merasa tak membutuhkan Dia mengambil keputusan dan jalan sendiri lantas sesat dan jatuh sendiri.

Doa:
Ya TUHAN, tunjukkanlah kami jalan yang harus kami tempuh, sebab tanpa panduan dan bimbinganMu kami hanya akan salah arah, tersesat, jatuh, dan masuk perangkap maut. Sungguh kami membutukan petunjuk-petunjukMu dalam kehidupan kami di dunia ini. Ya TUHAN, tuntunlah dan dampingilah kami mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup kami. Ketika kami kesulitan memprediksi dan mengantisipasi masa depan, ya TUHAN, yakinkanlah hati kami bahwa Engkau berjalan di samping dan atau di depan kami menjauhkan kami dari bahaya dan kecelakaan. Dalam Yesus. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

2 comments for “Pandu Ke Masa Depan

  1. July 3, 2007 at 8:25 pm

    Thx buat renungannya ya amang..

    Aku akui, emang kadang aku terlalu congkak dan mengandalin diri sendiri dalam hal2 tertentu dan berseru kepadaNYA setelah aku jatuh.

    Syukur kuucapkan karna DIA ak pernah membiarkanku terperosok terlalu dalam.

    Skali lagi thx buat yah amang..
    Selamat melayani..

  2. July 4, 2007 at 3:14 am

    Terimakasih Tuhan.
    Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *