Jangan Takut Jangan Bimbang!

June 21, 2007
By

Almanak Jumat 22 Juni 2007:

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu. Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kananKu yang membawa kemenangan. (Yesaya 41:10)

Barangkali ada saat-saat tertentu dalam hidup ini ketika kita merasa sangat lemah, tak berdaya sama sekali, karena itu benar-benar kecut dan takut. Mungkin itu saat kita kehilangan orangtua, anak, atau kekasih yang sangat kita cintai. Atau saat begitu banyak masalah datang menimpa dan tidak ada solusi. Atau saat kita merasa seorang diri harus melangkah ke wilayah sama sama sekali asing dimana keamanan dan masa depan tidak bisa dipastikan. Atau saat usaha yang sudah bertahun-tahun kita bangun tiba-tiba runtuh seketika bukan karena salah kita, atau saat kita terbaring sakit, sedang terancam, penantian yang terlalu lama, atau kondisi-kondisi lain yang bisa membuat hati kita lemah dan takut.

Firman hari ini mau menghibur umat TUHAN yang kebetulan sedang mengalami krisis, di jurang atau di titik terendah kehidupan, atau menghadapi banyak masalah. TUHAN datang menyapa dan menyentuh hati kita yang sedang merasa diri ini begitu kecil, lemah dan takut, agar kita tidak putus asa, namun mau bangun dan bergerak lagi. Janganlah takut dan janganlah bimbang! Mengapa? Tuhan pasti menyertai atau menemani kita. Pasti. Dia tidak membiarkan kita sendirian dalam ketakutan. Tuhan adalah Allah kita, dan kita adalah umat kepunyaanNya. Dia sama sekali tidak rela jika kita hancur atau hilang.

TUHAN memang tidak mengatakan semua masalah kita akan langsung lenyap seketika. TUHAN tidak berjanji hari tanpa hujan dan awan, laut tanpa gelombang, atau hidup tanpa masalah dan beban. Tetapi Dia berjanji memberi pertolongan, penyertaan dan peneguhan di tengah kenyataan kehidupan. Lebih dari itu Dia mau berjanji memegang tangan kita dengan tangan kananNya berjalan di samping kita menghadapi kehidupan ini. Ya, Tuhan Sang Mahakuat, selalu ada di samping kita juga sekarang ketika kita terduduk lemah. Sebab itu: jangan bimbang, jangan takut! Bangunlah dan berjalanlah lagi bersamaNya, dengan gembira.

Doa:
Ya Allah, Engkau adalah Pelindung kami yang setia. Kami bersyukur sebab Engkau selalu memperhatikan keadaan kami. Ketika kami sedang menghadapi banyak masalah dan tantangan, atau terancam, dan hati kami sungguh kecut dan lemah, nyatakanlah kehadiranMu, agar kami tidak putus asa. FirmanMu menyapa dan menyentuh kami. Teguhkanlah hati kami untuk bangkit dan berjalan lagi. Ya Allah dalam Yesus, kami percaya dan gembira sebab Engkau selalu menggenggam tangan kami di jalan-jalan kehidupan. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

7 Responses to Jangan Takut Jangan Bimbang!

  1. 'dhee on June 21, 2007 at 9:04 pm

    bagus banget bwt renungan hari ini..
    thx yach amang..
    bnr2 support aq banget u/ ga tkt n ga bimbang…
    ‘ve a nice day..

  2. 'I r A on June 22, 2007 at 12:25 am

    amang trims ya untuk renungannya. pasti sangat membantu untuk menghadapi masa2 sulit dan di persimpangan hidup. trims.

  3. Donna on June 22, 2007 at 6:42 am

    Makacih ya Amang u/ renungannya… Ini terus mengingatkan kita bahwa Tuhan selalu menggenggam tangan kita di tiap jalan kehidupan kita, jadi janganlah takut. Dan inilah yang kupegang selalu dalam menjalani kehidupan ini…

  4. 'kori on June 22, 2007 at 11:26 am

    Horas amang.
    Terus terang baru kali ini saya ketemu pendeta HKBP di Friendster. Dan baru kali ini saya baca blog amang, dan ternyata bagus lho amang! :)
    Makasih ya amang buat renungannya. Tadi pagi sebenernya saya juga baca ayat itu dari almanak, cuman saya ga pinter buat bikin perenungan seperti ini. Cuman dari baca ayat itu saja, saya yakin kalo Tuhan akan bantu saya menyelesaikan segala msalah saya.
    Semoga Tuhan memberkati amang sekeluarga.

  5. Bikston on August 24, 2008 at 10:07 am

    Horas Amang, amang renungan ini saya kutip untuk Buletin Bulanan Kumpulan Muda- Mudi Raja Panjaitan Boru – Bere Se Kota Batam yach Amang, Terima Kasih amang, Tuhan Yesus Memberkati

  6. Robert Sibarani on February 6, 2010 at 11:01 am

    Kalo tangan kanan Tuhan memegang tangan kan kita juga ..gimana jalannya ..sepertinya agak kurang pas gitu …mungkin perlu dikoreksi kali amang ya..Tangan kanan Tuhan yang memegang tangan kiri kita…kali..maksdunya ya amang…

  7. wahyu on January 29, 2014 at 2:06 pm

    Puji Tuhan renunganya sangat menguatkan disaat kita menghadapi masalah dalam kehidupan agar senantiasa setia kepada Tuhan sehingga kita akan bebas karena pertolongan Tuhan.GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*