Pakaian Pantas Ke Pesta Tuhan

Almanak Jumat 15 Juni 2007:

butterfly-farm1.jpg

Beginilah firman TUHAN: Taatilah hukum dan tegakkanlah keadilan, sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari pada-Ku, dan keadilan-Ku akan dinyatakan. (Yesaya 56:1)


Bayangkanlah Saudara dan saya diundang menghadiri sebuah pesta besar yang diselenggarakan oleh seorang yang sangat mulia dan terhormat. Pesta itu sudah semakin dekat di ambang pintu. Apa sajakah yang akan kita lakukan mempersiapkan diri menghadiri pesta itu nanti? Mungkin kita sibuk mematut-matut diri, memilih pakaian, dan mengatur-atur tingkah dan langkah yang kita anggap patut di pesta terhormat itu.


Umat Tuhan sedang dibuang di negeri Babel dan kini Tuhan berjanji akan datang membawa mereka pulang – membebaskan mereka dari penjajahan, dukacita, kegelapan dan penderitaan. Tuhan mengajak mereka mempersiapkan diri menyongsong kedatanganNya. Apa yang harus mereka persiapkan? Bukan pakaian atau penampilan fisik, tetapi hati dan sikap. Yaitu hati dan sikap yang sangat peka kepada persoalan-persoalan hukum dan keadilan, terutama menyangkut orang-orang kecil.


Sepanjang sejarah TUHAN membebaskan dan menyelamatkan umatNya dari berbagai penjajahan dan belenggu: kemiskinan, kegelapan, dan kebodohan. Bahkan Dia membebaskan umatNya dalam Yesus dari dosa dan maut. Dia juga berjanji segera datang menyelamatkan dan membaharui hidup kita sekarang dari berbagai masalah dan penderitaan yang sedang kita hadapi. Suatu saat, kelak, Dia akan datang lagi dalam seluruh kemuliaanNya menggenapi seluruh janji keselamatan. Itu jauh lebih besar dan membahagiakan dari pesta apa pun juga. Apakah yang harus kita persiapkan? Firman hari ini menyadarkan kita agar menyongsong kedatangan Tuhan di dalam hidup kita sehar hari dan di akhir dunia dengan memulihkan hukum dan keadilan.

Alih-alih berkumpul eksklusif, senang dan sibuk dengan urusan sendiri, menjauhkan diri dari dunia, orang-orang Kristen justru harus menyebar inklusif di tengah-tengah dunia, melibatkan diri perjuangan menegakkan hukum dan keadilan di negeri ini.

Tuhan mau datang ke dalam realitas hidup kita menawarkan kehidupanNya yang bahagia abadi. Itu lebih besar dari pesta apapun juga. Apa yang harus kita persiapkan menyambut kedatanganNya? Hanya satu: tegakkanlah hukum dan ikutlah perjuangkan keadilan di rumah, sekolah, kantor, jalan, pasar, kampung dan kota serta negaramu. Saudara mau?


Doa:
Ya Allah, apakah yang harus kami persiapkan menyambut kedatanganMu dalam hari-hari kami mendatang, dan nanti di akhir dunia ini? FirmanMu mengingatkan kami agar menjadikan hukum dan keadilan untuk menyambutMu. Tolonglah orang-orang Kristen, agar dalam penantian akan Dikau kami tidak bersikap eksklusif, egois dan acuh tak acuh kepada masyarakat dimana kami hidup. Doronglah umatMu agar mendukung proses-proses penegakan hukum di negeri ini. Berkatilah secara khusus anak-anakMu yang berkiprah di lapangan hukum: para hakim, jaksa, pengacara dan panitera serta polisi, juga para pegawai pengadilan dan penjara. Berikanlah RohMu, agar mereka selalu takut kepadaMu.

Desaklah orang-orang Kristen agar mau hadir dan mengambil bagian dalam kehidupan saudara-saudara Tuhan yang miskin, mereka yang selalu jadi korban ketidakadilan struktur ekonomi dan politik negeri ini. Ya Allah, di tempat kami masing-masing, jadikanlah kami alat kebenaran dan hamba keadilanMu, pewarta kabar baik, sahabat setia dan rendah hati dari bangsa yang besar dan majemuk ini. Bersama-sama Yesus. AMIN.


Pdt Daniel T.A. Harahap

Kembali ke halaman depan:

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *